Oli Mesin Berwarna Hitam Meski Baru Diganti, Ini Penyebabnya

Oli Mesin Berwarna Hitam Meski Baru Diganti, Ini Penyebabnya

PT Rifan Financindo – Oli memiliki peranan penting pada mesin kendaraan. Fungsinya sendiri untuk melindungi dua permukaan yang saling bergesekan agar tidak cepat aus.

Dengan fungsi seperti itu, oli mesin juga bisa menjadi penanda kondisi mesin apakah masih baik atau tidak. Caranya adalah mengecek tingkat kekentalan dan warna cairan oli mesin.

Namun terkadang oli mesin yang baru diganti sudah berwarna hitam. Lantas apa penyebab dari hal tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya yang dilansir dari laman Federal Oil.

Baca Juga :

Kondisi itu bisa terjadi karena oli pada dasarnya berfungsi juga sebagai pembersih. Oli akan membersihkan dinding silinder dari oksidasi, kerak-kerak akibat proses pembakaran, serta pembersihan karbon.

Kemudian oli yang cepat menghitam biasanya diakibatkan karena mesin overheat alias terlalu panas. Kondisi ini terjadi antara lain karena setelan kopling yang kurang pas, sehingga membuat selip dan oli menguap dengan cepat.

Penyebab lainnya biasanya karena adanya clearance atau ruang di antara gap piston dan boring yang terlalu sempit atau longgar. Masalah ini bisa diatasi dengan cara memasang oil cooler atau OBS (Oil Breathing System).

Namun sebelum itu terlebih dulu harus mengganti filter oli yang sudah gosong. Agar filter bisa menyaring oli dengan lebih baik lagi. PT Rifan Financindo.

Sumber : Otosia

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started