Motor Pakai Radiator, Jangan Sampai Komponen Ini Rusak

PT Rifan FinancindoRadiator atau pendingin cairan saat ini sudah tidak menjadi komponen yang asing. Bahkan, motor berkapasitas 125 cc telah dilengkapi sistem liquid-cooled.

Tapi, radiator menyimpan potensi yang berbahaya. Pasalnya, ada 1 komponen yang jika tidak diperiksa secara rutin, berpotensi rusak dan bocor lantaran termakan usia.

“Motor yang pakai radiator, harus waspada di seal water-pump. Kalau komponen ini rusak, air radiator bisa bercampur dengan oli,” terang Azhar, mekanik ART Engine saat berbincang dengan redaksi Otosia (15/2).

Baca Juga :

“Biasanya seal water pump umurnya 20.000 km atau 2 tahun, mana yang tercapai lebih dulu. Kalau sudah sekitar 18.000 km, ada baiknya diperiksa atau yang lebih baik diganti,” tambahnya.

Azhar pun menyebut bahwa air radiator yang bercampur dengan oli bisa merusak mesin. Indikasi pertama ialah tarikan motor terasa lebih berat. Selain itu, suara juga cenderung kasar.

“Risiko yang paling parah ya mesin bisa macet. Piston bisa terkunci dan menggores dinding piston. Kalau sudah begitu, mau tidak mau harus turun mesin,” pungkasnya. PT Rifan Financindo.

Sumber : Otosia

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started