Elon Musk Klaim Tesla 10 Kali Lebih Aman dari Mobil Bensin

PT Rifan – Fitur autopilot kerap menjadi kambing hitam kecelakaan. Pengemudi tampaknya terlalu percaya dengan fitur tersebut, sehingga ketika fitur diaktifkan, pengemudi benar-benar bersantai.

Padahal konsepnya bukan begitu. Pengemudi tetap harus fokus dan harus tetap siaga ketika harus mengambil alih kendaraan. Faktanya, yang sering terjadi pengemudi bahkan dalam posisi tertidur saat mode autopilot diaktifkan, sehingga kecelakaan tak terhindarkan.

Contohnya pun sudah banyak, meskipun sering kali terjadi di luar Indonesia. Peristiwa yang belum lama ini terjadi pun memakan korban. Pengemudi Tesla tewas dalam kecelakaan di Spring, Texas, Amerika Serikat. Polisi menduga bahwa pengemudi mengaktifkan fitur autopilot.

Baca Juga :

Kecelakaan mobil Tesla yang diduga pengemudi mengaktifkan mode autopilot di Texas (KPRC 2 via Jalopnik)Kecelakaan mobil Tesla yang diduga pengemudi mengaktifkan mode autopilot di Texas (KPRC 2 via Jalopnik)

Tapi CEO Tesla, Elon Musk mengatakan bahwa mobil Tesla mengurangi risiko kecelakaan sampai 10 kali lebih rendah daripada mobil konvensional. Hal itu dia sampaikan melalui cuitan akun pribadi di Twitter, dengan mengutip cuitan akun Tesla yang membagikan laporan keselamatan Tesla untuk kuartal pertama 2021.

Dilansir dari Zing, pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini mencatat hanya ada satu kecelakan dalam setiap 6,7 kilometer jarak yang ditempuh pengemudi mobil Tesla yang mengaktifkan mode autopilot.

Sedangkan untuk pengemudi yang tidak menggunakan autopilot tapi masih mengaktifkan fitur keselamatan, tingkat kecelakaan hanya ada satu dalam setiap 3,2 juta kilometer. Selain itu, pada pengemudi yang tidka mengaktifkan autopilot atau fitur bantuan, tingkat kecelakaannya yakni satu banding 800.000 kilometer.

Saat ini, autopilot yang ada pada Tesla yakni otonom level 2. Hal itu berarti pada mode tersebut merupakan level pendukung mirip dengan fungsi keselamtan aktif.

Pada level ini, mobil memiliki fitur pengereman otomatis, cruise control adaptif yang bekerja secara otomatis, bantuan parkir otomatis, dan lainnya. PT Rifan.

Sumber : Otosia

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started