Tips Cegah Reflektor Lampu Cepat Menguning

PT Rifan Financindo – Kualitas lampu depan akan cenderung menguning dan kusam seiring usia pakai kendaraan. Alhasil kualitas cahaya yang keluar dari headlamp menjadi tidak maksimal lagi.

Apalagi saat berkendara di malam hari atau hujan. Kondisi lampu mobil kusam akan mengakibatkan sinar lampu yang terpancar menjadi kurang maksimal. Efeknya, jalanan akan terlihat kurang jelas.

Namun sebenarnya kaca yang kusam bisa ditangani secara mandiri di rumah, sehingga sistem pencahaan mobil menjadi bersih kembali. Apalagi merawat reflektor pada lampu cukup mudah.

Baca Juga :

Setidaknya ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika merawat reflektor lampu mobil. Mulai dari menyiapkan perlengkapan, proses pembersihan, menghilangkan bekas baret hingga menentukan bohlam lampu yang dipakai. Jika semua itu diikuti, otomatis kualitas cahaya lampu mobil tetap maksimal,? buka Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International Peugeot.

Menurut Roni, perubahan warna pada mika mobil bisa disebabkan oleh panas yang muncul dari bohlam lampu. Hal ini terjadi jika pemilik mobil memasang bohlam dengan watt yang lebih besar dari standarnya.

Temperatur panas berlebihan dari bohlam tersebut yang kemudian menyebabkan mika lampu berubah menjadi kekuningan.

“Sebaiknya gunakan bohlam lampu dengan daya yang sesuai dengan standarnya. Karena gunakan daya dengan watt lebih tinggi, bohlam akan hasilkan panas yang berlebih dan dapat mengakibatkan lampu mobil berubah menjadi kuning. Aki pun tidak akan bertahan lama karena bekerja keras,” paparnya.

Faktor lain yang menjadi penyebab di antaranya usia lampu, cuaca, jamur kaca, goresan pada mika lampu hingga karena pemakaian.

Karena itu Roni menyarankan agar selalu memerhatikan karet penutup bohlam. Sebab tanpa disadari, terkadang karet penutup bohlam suka robek atau getas.

Selain itu reflektor cepat menguning dipengaruhi juga oleh lubang sirkulasi udara mampet, seal penutup mika rusak, robek atau getas. Akibatnya air dapat dengan mudah masuk ke rumah lampu. Begitu pula dengan debu atau kotoran.

“Jika mengalami hal ini, segeralah ganti atau merapikan seal agar tidak ada celah untuk kemasukan air ataupun debu,” imbuhnya.

Yang tak kalah panting hindari memarkirkan kendaraan di bawah sinar matahari (ultraviolet) langsung. Pilihlah parkir kendaraan di tempat yang teduh.

“Upayakan selalu mencuci bagian kaca luar headlamp terutama saat habis turun hujan,” pungkasnya. PT Rifan Financindo.

Sumber : Otosia

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started