![](https://rifanfinancindoberjangkasurabaya.wordpress.com/wp-content/uploads/2021/09/0000484706.jpg?w=650)
PT Rifan Financindo – Mata merupakan salah satu panca indera manusia yang memiliki peran penting saat berkendara.
Indera penglihatan bekerja untuk melihat situasi dan membuat bahaya yang ditangkap oleh mata, sehingga mencari keamanan saat berkendara dapat direspon oleh tubuh kita.
“Fokus saat berkendara saja tidaklah cukup. Perlu juga ditunjang dengan ketajaman mata, ruang lingkup mata, dan beberapa gangguan penglihatan saat berkendara,” buka Alfian Dian Pradana, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng .
Baca Juga :
- PT RIFAN FINANCINDO | Sosialisasi Perdagangan Berjangka Harus Lebih Agresif: Masih Butuh Political Will Pemerintah
- PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Rifan Financindo Berjangka Gelar Sosialisasi Cerdas Berinvestasi
- PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA | PT Rifan Financindo Berjangka Buka Workshop Apa Itu Perusahaan Pialang, Masyarakat Harus Tahu
- RIFAN FINANCINDO | Kerja Sama dengan USU, Rifan Financindo Siapkan Investor Masa Depan
- PT RIFAN | Bursa Berjangka Indonesia Belum Maksimal Dilirik Investor
- RIFANFINANCINDO | Rifan Financindo Intensifkan Edukasi
- RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Berburu keuntungan berlimpah melalui industri perdagangan berjangka komoditi
- RIFAN | Rifan Financindo Optimistis Transaksi 500.000 Lot Tercapai
- PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Sharing & Diskusi Perusahaan Pialang Berjangka PT. RFB
- PT. RIFAN | PT Rifan Financindo Berjangka Optimistis PBK Tetap Tumbuh di Medan
- RIFAN BERJANGKA | Bisnis Investasi Perdagangan Berjangka Komoditi, Berpotensi tapi Perlu Kerja Keras
- PT. RIFAN FINANCINDO | JFX, KBI dan Rifan Financindo Hadirkan Pusat Belajar Futures Trading di Kampus Universitas Sriwijaya
- PT RIFANFINANCINDO | RFB Surabaya Bidik 250 Nasabah Baru hingga Akhir Tahun
- PT RFB | PT RFB Gelar Media Workshop
- PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA | Mengenal Perdagangan Berjangka Komoditi, Begini Manfaat dan Cara Kenali Penipuan Berkedok PBK
- RFB | RFB Masih Dipercaya, Transaksi Meningkat.
Menurut Afian, yang perlu dipahami pengendara motor adalah soal ketajaman mata. Pasalnya ketajaman mata seseorang bertolak belakang dengan kecepatan saat berkendara. Jadi semakin kencang maka ketajaman mata seseorang akan berkurang.
Contohnya, saat akan berkendara pagi dalam kondisi fisik yang sehat, maka kemampuan visual manusia mencapai 120%. Namun saat sepeda motor bergerak dengan kecepatan 10km/jam maka ketajaman mata berkurang menjadi 100%, dan akan terus menurun bersamaan dengan bertambahnya kecepatan dan juga usia seseorang.
Ruang lingkup mata
Yang dimaksud ruang lingkup mata adalah seberapa besar sudut pandang yang bisa diterima oleh indra penglihatan. Penjelasannya, ketika kita diam dan melihat lurus kedepan, maka mata menangkap pandangan di kanan atau kiri wajah tanpa harus melirik.
Dalam kondisi sehat dan normal, luasan pandangan mata saat berhenti adalah 180 – 200 derajat. Namun jika kita bergerak, maka akan luas ruang lingkup pandangan akan menyempit, sehingga sulit melihat dengan jelas.
“Makin tinggi kecepatan maka akan semakin berkurang ruang lingkup mata,” ujarnya.
Gangguan penglihatan
Ketika berkendara sering kali penglihatan terganggu oleh obyek di luar. Misalnya saat mata menerima cahaya yang menyilaukan. Ketika mata menerima cahaya lampu dari arah berlawanan, pengendara merasa silau dan kemudian sesaat akan kehilangan ketajaman visual beberapa saat.
Untuk mengantisipasinya, pengendara dapat melakukan beberapa hal. Pertama, dapatkan informasi akurat sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum terkena atau menerima cahaya
Kedua, mata selalu tertarik dengan cahaya lampu, biasakan tidak melihat cahaya lampu depan yang mendekat. Ketiga, perhatikan bahu jalan dan median tengah jalan, serta berkendara harus stabil
Terakhir, jemari atau kaki sudah siap pada tuas atau pedal rem sehingga pengendara dapat merespon jika harus menurunkan kecepatan. Namun hindari pengereman mendadak atau terlalu keras .
Adaptasi gelap
Mengenai adaptasi gelap, dibutuhkan sekitar 5 – 10 menit untuk memperbaiki pandangan ketika berpindah dari kondisi terang ke kondisi rendah cahaya atau gelap?.
Adaptasi terang yaitu dari kondisi rendah pencahayaan ke tinggi pencahayaan, sehingga mata akan silau, bahkan mungkin tidak dapat membuka mata selama beberapa saat.
“Riding itu tidak hanya asal putar gas aja, akan tetapi banyak faktor yang harus diketahui supaya riding tetap aman, salah satunya memahami konsep visual saat riding, dan memberikan perlindungan maksimal untuk mata selama berkendara demi menghindari hal yang tidak diinginkan,” tutup Alfian. PT Rifan Financindo.
Sumber : Otosia