Dampak Buruk Tangki BBM Sering Dibiarkan Kosong

PT Rifan Financindo Berjangka – Tangki bensin yang dibiarkan dalam kodnisi kosong atau hanya menyisakan sedikit bahan bakar memberikan dampak negatif. Selain tangki kosong menyebabkan kondensi, dapat merembet ke bagian filter bensin dan bisa menyebabkan boros bahan bakar.

Kondisi tangki BBM kosong juga memicu munculnya air. Air timbul lantaran bahan bakar bisa menguap yang menyebabkan timbulnya titik-titik air di dinding dalam tangki.

Dalam jangka lama, di dalam tangki akan timbul karat. Pada akhirnya karat menghasilkan serpihan yang mengganggu kinerja fuel pump, sehingga mobil bisa tersendat-sendat atau mati mendadak karena pasokan bahan bakar ke mesin terhambat.

Baca Juga :

“Yang namanya fuel pump, tugasnya adalah menyedot semua bahan bakar menuju ke mesin. Problemnya ketika posisi diam, fuel pump stabil. Tapi kalau belok-belok, maka tidak stabil. Kondisi ini menyebabkan fuel pump itu overheat,” terang Rifat Sungkar, pereli nasional dan dunia dalam webinar bersama media yang diinisiasi Mitsubishi.

Pengalaman Rifat
Overheat yang dimaksud adalah fuel pump terlalu banyak menyedot kotoran sehingga bensin tidak mengalir normal. Pemilik kendaraan akan megeluarkan biaya tidak murah untuk memperbaiki atau mengganti fuel pump atau komponen lain yang rusak

“Jadi tidak direkomendasikan tangki kosong, akan menyebabkan fuel pump overheat karena tidak ada yang disedot. Berpotensi malah menyedot kotoran yang mengendap di bawah tangki. Pernah kejadian, tapi bukan di mobil standar. Waktu balap WRC di Australia, di SS ke-13 mobil saya terpaksa berhenti karena tangki bahan bakar ada krikil-krikil kecil menempel di fuel pump. Jadi saya berhenti balapan gara-gara itu,” ungkap Rifat. PT Rifan Financindo Berjangka.

Sumber : Otosia

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started