Jangan Sembarangan Ganti Bahan Jok Mobil, Risikonya Mengancam Nyawa

PT Rifan Financindo – Setiap pemilik mobil pasti menginginkan tampilan kendaraannya selalu segar dan enak saat dikendarai. Paling sering, agar interior terasa lega seperti yang dimau, pemilik melakukan retrim (bekleding atau mengganti bahan jok) dengan yang lebih nyaman.

Namun pengaplikasian bahan jok yang tidak sesuai standar pabrikan rupanya berpotensi memicu petaka. Apalagi bila jok sudah memiliki fitur air bag.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia dalam akun Instagram-nya @hyundaiid. Menurut mereka kesalahan kecil bisa berakibat fatal bila tidak benar-benar memahami jok mobil yang ingin dipermak.

Baca Juga :

Perlu diketahui dulu bahwa lokasi air bag berada di beragam mulai di depan, samping hingga jok penumpang.

Fungsi Air Bag pada Jok
Nah, untuk air bag yang dipasang pada jok berfungsi untuk menahan tabrakan dari samping.

Oleh karena itu, Hyundai menyarankan sebaiknya kenali dulu jok mobil dan fitur-fitur yang ada di situ. Ketika ingin mengganti bahannya, ikuti pola asli kulit jok agar fungsi air bag tetap optimal.

Efek Buruk
Bila jahitan kurang presisi atau ada potongan yang salah, air bag bisa saja gagal mengembang dan menanggulangi kecelakaan.

Agar hal buruk tidak terjadi, sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan service advisor bengkel resmi, seperti yang sudah dimiliki Hyundai. PT Rifan Financindo.

Sumber : Otosia

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started