Pengguna Skutik Wajib Tahu Pentingnya Oli Gear

PT Rifan Financindo Berjangka – Saat ini motor bertransmisi otomatis atau matic menjadi alat transportasi favorit masyarakat Indonesia lantaran dinilai praktis dan mudah dikendarai.

Seiring peningkatan jumlah pengguna motor matic, maka pemahaman pengendara terhadap komponen sepeda motor sangat penting.

Sepeda motor memiliki beragam komponen yang bergerak dan saling bergesekan, komponen tersebut membutuhkan oli sebagai pelumas.

Baca Juga :

Khusus jenis skutik terdapat dua jenis oli yang digunakan, yaitu oli mesin dan oli gear. Peran oli gear pada motor skutik sangat penting, salah satunya sebagai pelumas transmisi.

“Melihat peran oli yang begitu penting, sebagai pengendara sepeda motor wajib untuk mengecek kondisi oli secara berkala dan memastikan volume oli tetap dalam kondisi yang standar,” tutur Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Oli Gear seringkali disebut oli transmisi atau oli gardan yang memiliki fungsi serupa dengan oli mesin. Perbedaannya jika oli mesin sebagai pelumas komponen part pada mesin, sedangkan oli gear melumasi part transmisi.

Karena itu pengguna motor matic wajib tahu peran dan fungsi oli transmisi seperti melumasi komponen yang bergerak (gear dan bearing-bearing transmisi) agar tidak cepat aus. Jika aus akan menimbulkan bunyi pada sepeda motor saat digunakan

Lalu melindungi gear dan bearing dari korosi atau karat, dan sebagai peredam getaran suara pada transmisi.

Riyadi menyarankan periksa kondisi oli mesin dan gear maksimal setiap kelipatan 3.000 km atau 3 bulan. Wajib mengganti oli gear maksimal setiap kelipatan 12.000 km atau 12 bulan sekali untuk mendukung kinerja sepeda motor dan mencegah komponen gear cepat aus.

Cara mudah mengecek oli gear
Dia kemudian membeberkan beberapa langkah mudah dalam memeriksa oli gear skutik Yamaha secara praktis, diantaranya:

  1. Pertama, posisikan sepeda motor dengan standar tengah diatas bidang yang rata.
  2. Buka penutup oli gear, periksa kondisi oli gear dengan memasukan obeng dengan panjang minimal 15 cm ke dalam lubang. Pastikan obeng dalam kondisi kering sebelum dimasukan.
  3. Lihat warna oli pada obeng yang telah dimasukan sebelumnya. Oli dengan kualitas baik umumnya berwarna bening dan kental, sedangkan oli yang sudah tidak baik berwarna hitam dan encer.
  4. Untuk mengecek kebocoran pada oli gear, periksa seal pada penutup lubang pengisian oli dan baut pada lubang pembuangan dalam keadaan baik dan bersih. Jika seal sobek atau getas dan lubang pembuangan kotor menjadi indikasi kebocoran oli gear, sehingga perlu pemeriksaan ke bengkel resmi Yamaha terdekat. PT Rifan Financindo Berjangka.

Sumber : Otosia

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started